Nasib PKL di Jl Kepatihan dan Alun-alun Bandung #1

December 08, 2013 Agista Kartika 0 Comments

Kemaren abis pergi sama temen ke Kings, hmmm... rasanya udah lama banget gak maen ke kawasan Kings dan sekitarnya. Mau parkir motor mah biasa aja, taruh aja di sepanjang jalan kepatihan menuju Alun-alun. Disitu gue masih belum sadar dan masih sebodo amat sama keadaan yang agak2 sepi. Gue mah mikirnya, ah kepagian kali yak kesininya, jadi masih belum rame. Biasanya kan bakal banyak banget motor yang berjejer rapi disitu, diiringi suara mamang sopir angkot yang teriak2 rebutan penumpang. Tapi yasudahlah..
Dan begitu gue mulai berjalan menyusuri jalan disebelah Yogya Kepatihan, gue baru celingak-celinguk dan nanya sama temen gue yang sama bingungnya ma gue.
"Lah, ini yang jualan pada kemana??"

Sepanjang jalan yang biasanya dipenuhi sama pedagang tas dan aksesoris cewek lain plus pembeli yang selalu ramai memenuhi jalan dan menyebabkan macet, kini berubah jadi jalanan yang rapi, bersih, tanpa dapat ditemukan satu batang pun hidung PKL. Yang ada malah bapak2 Satpol PP yang duduk-duduk di mobil mereka. Ada apa ini?? Gue kurang update. .. :'(

Trus buat mengaasi ke-shock-an kita, kita masuk dulu ke Yogya, sambil nyari kado buat temen kita. Masih dengan menyimpan pertanyaan yang sama, ini abis ada apaan??
Udah kelar, trus kita ke Kings Shopping Center nya. Kalo ini  mah gue nggak terlalu kaget, sebulan yang lalu, pas terakhir gue kesini juga Kings udah jadi bagus, udah banyak kaca, kios2 penjualnya udah drapiin, jadi lebih cantik dan gue seneng sama perubahan yang ini :) Jadi agak mendekati BIP lah paling nggak. hehe..

Trus pas mau balik, udah kelar muter2 dan ngabisin duit temen :p, kita ketemu sama pedagang yang jualan tote bag di emperan. Berhubung temen gue pengen beli, nanya2 deh sama aa' nya yang jualan. Dan sambil temen gue liat2 tas nya, inilah percakapan yang terjadi:
Gue: a', ini pedagang yang lain pada kemana? kok gak ada??
Mas2 pedagang: Itu neng, kemaren pada dipindahin ke Gedebage
Gue: Lah, kok jauh banget a', ke Gedebage?
Mas2: Iya neng, apalagi kan gedebage di tengah sawah gitu ya? Siapa coba yang mau belanja ke sana??
Dan percakapan kita harus terputus gara-gara aa' nya lari sambil bawa barang dagangannya ngumpet, ketika ada mobil satpol pp yang lewat. Bahkan tanpa menghiraukan fakta bahwa temen gue udah bawa tas nya satu, dan belum bayar. Ya Allah. .. pedagang2 yang masih pada jualan di emperan kings tuh pada lari ketakutan. Dan gue ngerasa miris waktu itu, sesulit inikah mencari sesuap nasi?

Hmmm. . .udah bayar, kita balik. Dan begitu nyampe tepat parkir tadi, gue baru sadar kalau ternyata pedagang2 yang jualan di sepanjang jalan kepatihan bahkan sampai alun-alun pada nggak ada. Sepi.. eh rapi banget cuy!! Dan sama seperti tadi, banyak bapak2 satpol pp yang duduk2 disana. ..

Dan sepanjang perjalanan pulang, gue mikir, bener banget sih kata aa' tadi. Kalo di deket alun-alun, dagangan mereka kan pasti laku, tiap hari pasti banyak orang belanja. Lah kalo di gedebage, selain tempatnya disana kurang strategis dan kurang bersih, lokasinya juga terlalu jauh dari pusat kota. Udah males duluan kali mau shopping aja musti ke ujung dunia. Yah emang selalu kayak gini keadaannya. Kebijakan pemerintah tuh kayak dua sisi mata uang yang selalu berlawanan, disatu sisi pemkot pengen kotanya terlihat rapi dan bersih, tapi disisi lain nasib para PKL juga musti diperhatikan. Kalo milih keindahan kota, yasudah, PKL nya musti dikorbanin ;'(

Berhubung kemaren gue terlalu shock, nggak kepikiran buat foto2 keadaan sana yang sekarang. Tapi yasudahlah. .. Dan muncul satu pertanyaan dalam benak gue. Kemana lagi kalo kita mau nyari tas 50rb an sekarang??

Semoga Pemkot Bandung punya rencana yang baik untuk hal ini. . .Amin.


0 comments: